Sosialisasi Evaluasi Mutu Internal Perguruan Tinggi (EMI-PT)

Di era kehidupan yang penuh dengan persaingan ini, pendidikan tinggi di Indonesia menghadapi tantangan luar biasa untuk terus meningkatkan mutu kompetitif tingkat daerah, nasional, maupun internasional. Mereka dituntut dari waktu ke waktu untuk mengejar standar mutu yang semakin tinggi karena inovasi teknologis, dinamika sistemis, dan perilaku pasar pragmatisrasional. Mutu didefinisikan sebagai totalitas dari karakteristik suatu produk yang menunjang kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dispesifikasikan atau ditetapkan. Mutu seringkali diartikan sebagai kepuasan pelanggan (customer satisfaction) atau konformansi terhadap kebutuhan atau persyaratan (conformance to the requirments).

Menindaklanjuti dari kinerja Badan Penjaminan Mutu Universitas Wijaya Putra (BPM UWP) untuk meningkatkan kualitas institusi UWP maka pada hari Kamis tanggal 21 November 2013 diadakan Sosialisasi Evaluasi Mutu Intnternal Perguruan Tinggi (EMI PT). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pejabat struktural dilingkungan UWP, STKIP Bina Insan Mandiri dan ASMI.

Prof. Saleh Soegiyanto, MSc, PhD selaku Ketua BPM UWP dalam sambutannya memberikan pengantar bahwa seluruh kegiatan di institusi perguruan tinggi akan dapat dilakukan dengan baik apabila melaksanakan seluruh poin-poin Standar Mutu EMI-PT yang berjumlah 11 (sebelas). Dengan melaksanakan 11 (sebelas) Standar Mutu EMI-PT ini akan meringankan proses penyusunan akreditasi program studi. Hal ini karena seluruh isi dari Borang Akreditasi Program Studi tertuang pada Standar Mutu EMI-PT. Substansi Alat Evaluasi Mutu Internal Perguruan Tinggi (EMI PT) juga disusun dengan mengacu pada Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang menetapkan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. BPM UWP mempunyai kewajiban dalam pelaksanaan Standar Mutu EMI-PT di tiap-tiap program studi. Sehingga setiap program studi dapat berkoordinasi dan berkonsultasi mengenai pelaksanaan Standar Mutu EMI PT dengan BPM UWP.

Selanjutnya kegiatan sosialisasi EMI-PT dilanjutkan dengan diskusi oleh para peserta yang dipandu oleh Sekretaris BPM UWP Didik Soebiyantoro. Mengawali diskusi ini Sekretaris BPM UWP mempresentasikan indikator-indikator dari Standar Mutu EMI-PT serta cara-cara mencapai indikator tersebut. Dijelaskan bahwa tujuan EMI-PT ini untuk membantu perguruan tinggi dan pemerintah menetapkan program pengembangan menuju pemenuhan SNP, dan menghindari terjadinya kesenjangan antara hasil evaluasi internal dengan eksternal. Diskusi menjadi lebih berkembang dan menarik dengan banyaknya masukan dari para peserta kegiatan.