Sejarah

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dan Undang-Undang Pendidikan Tinggi No. 12. Tahun 2012, penjaminan mutu merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh lembaga pendidikan tinggi.

Dengan merujuk ketentuan-ketentuan tersebut, penjaminan mutu (Quality Assurance) Universitas Wijaya Putra merupakan harga mati dan dilaksanakan secara konsisten dengan penuh tanggungjawab. Dalam rangka membangun komitmen seluruh anggota masyarakat Universitas Wijaya Putra (UWP) untuk tercapainya visi, misi, tujuan, sasaran dan program UWP, Rektor membentuk tim penjaminan mutu yang disebut Komisi Penjaminan Mutu (KPM). Pada awalnya KPM dipimpin oleh Dr. H. Wasis Budiarto, SE., MS., pada periode 2007 – 2008, yang dilanjutkan oleh Dr. H. Indra Prasetyo, MM., pada periode 2008 – 2010. Selanjutnya Tahun 2010 – 2013 KPM berubah nama menjadi Badan Penjaminan Mutu (BPM) dan dipimpin oleh Dr. Indahwati, MM., sesuai SK. Rektor No. 33.28/Kep/Rek-UWP/VI/2010, tanggal 18 juni 2010.

Untuk meningkatkan mutu secara berkelanjutan, relevansi dan efisiensi layanan Universitas Wijaya Putra di era global, maka diperlukan manajemen penjaminan mutu yang dapat memberikan nuansa kebersamaan dan gotong-royong dalam mengemban amanat dan tugas-tugas seperti, memberikan sistem pembinaan, pengorganisasian, pemantauan dan evaluasi implementasi penjaminan mutu internal di lingkungan Universitas Wijaya Putra.

Sejalan dengan program Dikti untuk penyehatan organisasi melalui inisiasi pembentukan unit penjaminan mutu, maka pimpinan UWP merubah peran BPM yang lebih bersifat quality control menjadi lengkap dengan quality assurance dan quality improvement bidang akademik termasuk Akreditasi Program Studi (APS) sesuai SK Rektor No. 37/Kep/Rek-UWP/X/2013, tertanggal 1 Oktober 2013 tentang Pengelola Badan Penjaminan Mutu Universitas Wijaya Putra (BPM-UWP) yang dipimpin oleh Ketua BPM., Prof. H. Saleh Soegiyanto, M.Sc., Ph.D. dengan anggota lima (5) orang termasuk sekretaris. Kelembagaan dan tugas tim ini diperbarui tiap tahun melalui SK Rektor sesuai dinamika dan kapasitas BPM.

Semoga BPM-UWP menjadi katalisator yang baik sehingga mampu mempercepat kinerja UWP melalui program-program yang terstruktur dengan tersedianya perangkat dokumen Sistem Penjaminan Mutu UWP., yang disusun berdasarkan Rencana Strategis dan Program Kerja Rektor. Perangkat dokumen tersebut merupakan pedoman bagi pengelola penjaminan mutu pada tingkat Universitas, Fakultas, Program Pascasarjana, Lembaga, Unit Pelaksana Teknis, dan Biro yang ada di lingkungan UWP, yang dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan baik bidang akademik maupuan non akademik untuk mendorong terwujudnya UWP menjadi universitas yang besar dan bermutu di Indonesia.